Jumat, 09 Oktober 2020

4 Jenis Flora Yang Hidup Di Kawasan Tundra

Berbicara mengenai planet bumi maka kita juga akan membicarakan mengenai kenampakan yang ada di dalamnya. Kenampakan alam yang ada di planet bumi ini memiliki jenis yang sungguh beragam. Setiap tempat mempunyai kenampakan alam yang berbeda-beda, pun dengan berbagai vegetasi maupun fauna yang ada di dalamnya.


Hal tersebut sangat bergantung pada kondisi alam yang ada pada lokasi tersebut. setiap tempat akan mempunyai bentuk dan dampak yang beragam pada makhluk hidup yang ada di dalamnya. Setiap pengaruh baik biotik dan abiotik akan membentuk suatu kekerabatan timbal balik yang sangat khusus. Hal tersebut lazimkita sebut dengan Simbiosis. Hubungan tersebut lalu membentuk ekosistem-ekosistem tertentu yang berisikan flora dan fauna yang berlawanan pula.


Berbicara mengenai ekosistem yang ada di bumi, maka ada berbagai macam jenis ekosistem yang mampu kita peroleh. Setiap ekosistem alam tersebut akan berlawanan satu sama lain, sesuai dengan dimana ia berada. Bahkan, suatu ekosistem yang sama pun adang tetap mempunyai perbedaan.


Kumpulan dari banyak sekali macam ekosistem yang memiliki kemiripan itu kemudian mampu kita golongkan sebagai suatu bioma. Ada aneka macam macam jenis bioma yang bisa kita ketahui, mirip bioma gurun, bioma sabana, bioma hutan hujan tropis, dan beberapa jenis bioma lain.


Kali ini kita akan membicarakan mengenai salah satu jenis bioma yang ada di bumi. Pembahasan kali ini akan berkisar perihal jenis tumbuhan yang hidup di tempat tundra. Daerah yang satu termasuk ialah sebuah lokasi yang sangat unik dan menawan. hal tersebut mampu kita temukan dari berbagai macam atau kelompok tanaman yang hidup di dalamnya. Mengenai tumbuhan yang hidup di dalamnya ada berbagai macam yang mampu kita pahami, seperti


DAERAH TUNDRA


Tundra merupakan salah satu kawasan yang membentuk relief permukaan bumi. Daerah yang satu ini mempunyai suhu yang sangat rendah dan merupakan kebaikan dari daerah gurun. Dengan suhu yang cukup rendah, maka hal tersebut juga sangat berpengaruh terhadap jenis tumbuhan yang ada di dalamnya. Kebanyakan tempat tundra disebut sebagai daerah tanpa pohon.


Hal tersebut alasannya adalah sungguh sedikit pohon yang mampu bertahan pada suhu yang rendah. Kawasan tundra mempunyai curah hujan yang sangat minim. Serta waktu matahari bersinar yang sangat minim, hal ini menjadikan tumbuhan pada daerah ini sanagt sedikit menerima sinar matahari setiap harinya. Namun, bukan memiliki arti tempat ini tak mempunyai flora. Ada berbagai macam tumbuhan yang ada di kawasan ini, seperti


1. Lumut


lumutJenis tumbuhan yang hidup di kawasan tundra kebanyakan di dominasi oleh tanaman lumut. Sebagaimana yang kita pahami bahwa jenis flora yang satu ini ialah tanaman  yang memiliki ketahanan hidup yang cukup tinggi. Pada tempat tundra lazimnya kita akan banyak menemukan lumut yang menempel pada bebatuan.


Selain lumut maka tumbuhan lain yang juga dapat hidup di tempat ini yaitu alga. Meskipun masih bisa dikategorikan selaku kerabat erat dengan lumut. Namun, tanaman yang satu ini merupakan hasil simbiosis dengan ganggang. Pada tempat tundra bisanya alga alan banyak kita temukan pada daerah cekungan yang banyak terdapat air.


2. Rerumputan


rumputSatu lagi jenis flora yang mampu dikatakan cukup sering kita temukan di tempat tundra. Bisanya jenis rumput yang ada adalah jenis rumput teki atau sejenisnya.


Rerumputan akan didapatkan pada tempat yang masih mempunyai lapisan tanah di atasnya. Jenis rumput yang satu ini meskipun tak mampu menembus lapisan permafrost, tetapi cukup dapat bertahan dengan baik. Selain jenis rumput teki, juga terdapat jenis rumput kapas.


3. Tumbuhan Perdu


perduPerdu atau tanaman semak ialah salah satu jenis tanaman yang hendak kita dapatkan di tempat Tundra. Jenis flora yang hidup di tempat tundra memang mempunyai ciri khusus yang sungguh menarik. Begitu juga dengan tumbuhan perdu yang ada di daerah ini.


Bisanya jenis tumbuhan yang satu ini memiliki batang yang tak terlalu besar dan sungguh sedikit mempunyai daun. Ada berbagai macam semak yang umum didapatkan di daerah tundra, yakni Semak Salik dan Bentula. Kedua jenis tanaman perdu itulah yang cukup sering dijumpai pada kawasan tundra.


4. Ericaceae


ericaceaeJenis flora yang satu ini mampu digolongkan selaku jenis tanaman berbunga yang ada di kawasan tundra. Tumbuhan yang satu ini memang banyak didapatkan pada lokasi yang kurang subur. Meskipun tidak terlampau banyak, tetapi eksistensi jenis flora yang satu ini memang mendominasi pada beberapa daerah di kawasan tundra. Tumbuhan yang satu ini merupakan tanaman yang cukup mempesona alasannya untuk menolong dirinya bertahan juga menggunakan korelasi dengan beberapa macam jamur.


Itulah tadi beberapa macam flora yang hidup di daerah tundra. Meskipun kawasan tundra disebut sebagai salah satu tempat yang cukup ekstrem. Namun, bukan berarti kawasan tersebut tidak mempunyai beberapa macam tanaman yang ada di dalamnya. Tanaman yang ada di daerah tundra memang lebih minim dan memiliki ciri yang jauh berlainan dari kawasan lain. Semoga gosip tadi berfaedah.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon