Sabtu, 01 Agustus 2020

Ini Perbedaan Pantai Dan Pesisir Yang Perlu Dipahami

Planet Bumi terdiri atas perairan dan juga ekosistem darat. Perairan dinominasi oleh samudera atau ekosistem laut. Sementara daratan adalah pulau- pulau yang seolah mengapung di perairan luas tersebut. Adapun di dalam pulau sendiri juga masih terdapat air- air yang tidak memiliki rasa atau kita sebut sebagai air tawar. Perbandingan daratan dan lautan di permukaan Bumi ini yaitu 2/3 dibanding 1/3 dimana yang 2/3 yakni perairan dan sisanya daratan. dengan demikian kita tahu bahwa air lebih luas ketimbang tanah.


Batas- batas antara daratan dan juga lautan kadang kala kita sebut sebagai pesisir. Jadi, istilah anak pesisir pada umumnya mengacu pada anak- anak yang tinggal di pinggir maritim yang rumahnya erat dengan maritim. Namun apabila kita membicarakannya dalam konteks pariwisata, kita akan jarang menggunakan kata pesisir untuk menyebut perbatasan antara maritim dan darat. Namun kata yang akan sering kita gunakan adalah pantai.


Ya, pantai memang terkenal di golongan dunia pariwisata, terlebih di Indonesia. Namun, kira- kira adakah perbedaan antara pesisir dengan pantai ya? Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membicarakan tentang kedua istilah yang saling berhubungan ini serta perbedaan- perbedaan di antara keduanya. Supaya kita bisa mengenali secara niscaya apa yang dinamakan pesisir dan apa yang dinamakan dengan pantai. Kita akan membahasnya mulai dari pengertiannya.


Pengertian Pesisir


Baik, bahasan kita kali ini akan dimulai dari pengertian pesisir apalagi dulu. Kita sudah terkadang mendengar kata pesisir dan di benak kita niscaya pesisir merupakan daerah yang ada di pinggir laut atau daratan yang secara eksklusif berbatasan dengan laut. Hal itu memanglah sangat benar. namun perlu untuk dikenali hal yang lebih spesifik tentang pesisir ini. Kita pasti tidak ajaib dengan fenomena pasang surut yang terjadi pada air bahari. Nah yang dinamakan pesisir yang sesungguhnya adalah kawasan pasang surut tersebut. Sehingga dapat kita pahami bahwa pesisir yaitu daerah yang apabila bahari sedang pasang maka daerah ini terendam air, sementara ketika air maritim surut tempat ini tidak terendam oleh air.


Pengertian Pantai


Selanjutnya yakni pemahaman pantai. Tentu saja ungkapan pantai telah tidak aneh lagi bagi kita bukan? Ya, pantai ialah daerah perbatasan antara daratan dan juga lautan secara pribadi. Pantai ini yaitu benar- benar batas antara bahari dan darat. Oleh sebab benar- benar perbatasan maka pantai ini seolah- olah membentuk sebuah garis sehingga banyak orang yang menyampaikan garis pantai. garis inilah yang memisahkan antara daratan dan juga lautan.


Perbedaan Pesisir dan Pantai


Dari uraian di atas sudah disampaikan tentang pemahaman dari pesisir dan juga pengertian dari pantai. sudah cukup terperinci bukan perihal definisi keduanya? Kedua perumpamaan ini memang berbeda namun sungguh berkaitan dekat antara satu dengan lainnya. Bahkan keduanya ini tidak mampu dipisahkan. Namun pasti ada perbedaan yang bermakna di antara keduanya. Apakah itu?


Tidak lain adalah, panjang pesisir memiliki kesamaan dengan panjang pantai, namun lebar pesisir mampu berlainan- beda antara satu dengan yang lainnya. Misalnya, di pantai yang landai maka lebar pesisirnya akan lebih luas ketimbang di pantai yang curam. Hal ini alasannya di pantai landai air maritim akan merendam lebih banyak daratan daripada di pantai curam yang terhalang oleh dinding- dinding dari karang, bebatuan dan lain sebagainya.


Nah itulah kiranya beberapa perbedaan mengenai pantai dan juga pesisir. Semoga apa yang kami sampaikan dapat memberikan faedah untuk kita semua.



Sumber ty.com


EmoticonEmoticon